Cara Mudah Menggapai Resolusi Di Tahun Yang Baru

resolusi

Biasanya resolusi yang buat oleh seseorang di tahun baru berakhir dengan kata-kata saja tanpa ada perwujudan yang nyata. Agar anda bisa lebih mudah menggapai resolusi yang anda buat, sebaiknya simak beberapa tips berikut, seperti yang absolutediane.com kutip dari liputan6.
Setiap orang mungkin membuat banyak resolusi tahun baru untuk memperbaiki diri. Namun apakah resolusi yang dibuat bisa terus konsisten untuk diwujudkan? Apakah kita termasuk orang yang hanya sesaat berapi-api membuat resolusi tahun baru tetapi malas untuk mewujudkannya?

Dikutip dari theguardian.com, Kelly McGonigal seorang peneliti tentang kekuatan tekad berpendapat, jika Anda memutuskan untuk melawan keinginan, pikiran dan emosi Anda, energi dan perhatian akan habis untuk mengubah pengalaman batin yang selama ini Anda lalui. Jadi sudah tepatkah resolusi yang Anda buat?

Dilansir dari psychcentral.com, Senin (16/1/2017) ada cara yang bisa Anda Lakukan untuk konsisten mewujudkan resolusi tahun baru yang Anda buat.

Buatlah Resolusi yang Sederhana
Keinginan untuk menjadi manusia yang baru di tahun baru, bisa membuat sebagian orang mengharapkan perubahan besar dalam hidup. Jika Anda mengubah seluruh kehidupan Anda dengan cara yang sama sekali berbeda dan sangat sulit untuk dilakukan, Anda akan merasa terbebani untuk terus mewujudkannya.

Untuk itu, buatlah resolusi dan harapan yang wajar dan sederhana. Terlalu tinggi dalam menetapkan target hanya akan menimbulkan kekecewaan jika Anda sama sekali tidak bisa mewujudkannya.

Realistis
Sudahkah Anda mengukur kemampuan yang Anda miliki? Melihat kembali kekuatan dan kekurangan yang Anda miliki? Termasuk dengan hal yang berkaitan dengan finansial. Jika cita-cita Anda adalah untuk membeli rumah sementara tabungan yang tersimpan kosong sama sekali, Anda tentu saja tidak bisa mewujudkan resolusi Anda. Kecuali ketika Anda menyadari keuangan yang minim kemudian Anda menemukan cara lain untuk mewujudkan cita–cita itu.
Perencanaan Waktu

Perencanaan Waktu
Dari awal tahun baru, usahakan untuk mencatat hal yang ingin diwujudkan pada periode dan waktu tertentu. Misalnya bulan Januari Anda harus bisa mendapat 10 investor, bulan Februari followers di sosial media mencapai 50 ribu dan lain sebagainya.

Menetapkan waktu untuk setiap pencapaian akan membantu Anda fokus melakukan usaha untuk mencapai target di waktu tertentu.

Mencatat Segala Hal yang Sudah Dilakukan
Pencatatan tentang hal apa saja yang telah dilakukan, akan memudahkan Anda untuk mengevaluasi usaha yang sudah dilakukan. Hal apa saja yang perlu dipertahankan, mana yang perlu ditingkatkan dan mana yang tidak perlu dilakukan lagi. Pencatatan juga menjadi pengingat untuk melakukan langkah apa yang akan dilakukan selanjutnya. Dengan begitu banyaknya perencanaan dan keinginan bisa saja kita lupa langkah apa yang akan dilakukan jika tidak mencatatnya.
Pantang Menyerah

Pantang Menyerah
Jika dari awal sudah terbayang bahwa 365 hari adalah waktu yang panjang untuk berjuang mewujudkan resolusi Anda, agaknya perlu untuk membulatkan tekad. Bukan tidak mungkin dalam perjalanan yang panjang ini, Anda akan menemukan berbagai tantangan dan hambatan termasuk yang datang dari diri sendiri seperti rasa bosan dan malas

Jika Anda terjatuh dalam usaha yang sedang dilakukan berusahalah sekuat tenaga untuk bangkit lagi.

Jadilah Orang yang Bertanggung Jawab
Anda memiliki kontrol yang kuat atas apa yang ingin Anda wujudkan. Hasil seperti apa yang ingin diraih itu tergantung dari usaha yang Anda Lakukan. Anda tidak bisa menyalahkan orang lain ketika mengalami kegagalan, begitu pula keberhasilan yang berhasil diraih adalah karena tekad yang kuat untuk bertahan pada perjuangan mewujudkan cita-cita. Anda bertanggung jawab untuk setiap kegagalan dan kesuksesan dalam mewujudkan resolusi Anda tahun baru Anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »