Tips Keselamatan Penggunaan Genset

Genset memang merupakan penyelamat di saat-saat pasokan listrik dari PLN terputus. Kendati mudah digunakan ketika listrik mati, ada langkah-langkah yang dianjurkan dalam menggunakan genset. Berikut ini adalah rekomendasi keselamatan dalam menggunakan genset.
Jual Genset Murah Ralali

 

Beli genset yang tepat 
Jika Anda sedang akan membeli genset. Pilih yang akan memasok daya listrik sesuai kebutuhan. Label dan informasi lain yang disediakan oleh pabriknya mestinya dapat membantu Anda menentukan hal ini. Anda bisa juga bertanya pada tukang listrik untuk bantuan. Jika Anda menghubungkan perangkat yang menggunakan daya listrik lebih besar dari yang dapat diproduksi oleh genset, maka risikonya adalah akan merusak genset itu sendiri atau perangkat Anda.
 
•    Bila Anda memiliki perabotan kecil dan PDAM, kemungkinan Anda bisa meberikan daya listrik pada sebagian besar peralatan rumah tangga antara 3000 dan 5000 watt. Jika rumah Anda memiliki perabotan yang lebih besar dan juga pompa air, maka kemungkinan Anda membutuhkan genset yang memproduksi sekitar 5000 sampai 65000 watt.
 
•    Beberapa pabrik memiliki kalkulator daya listrik untuk membantu Anda menentukan genset yang dibutuhkan
 
Jangan gunakan genset di dalam ruangan
Genset portabel dapat menghasilkan asap yang mematikan dan karbon monoksida. Ketika unsur tersebut terjebak dalam ruang tertutup atau saluran udara yang kurang, maka dapat mengakibatkan sakit dan bahkan kematian. Ruang tertutup tak hanya berupa ruang yang ada di dalam rumah, tetapi juga garasi, basement atau ruang bawah tanah, loteng dan lain-lain. Karbon monoksida tak memiliki bau dan warna. Jadi walaupun Anda tak melihat atau mencium asap, Anda tetap berada dalam bahaya jika menggunakan genset portabel di dalam ruangan.
 
•    Jika Anda merasa pusing, sakit atau letih ketika menggunakan genset, segera menyingkir dan cari udara segar
 
•    Jaga genset setidaknya berjarak 20 kaki dari jendela atau pintu terbuka, sehingga asap tak dapat masuk ke dalam rumah
 
•    Anda dapat memasang detektor karbon monoksida portabel yang menggunakan baterai di rumah. Kerja alat tersebut mirip dengan detektor asap atau api. Ini merupakan solusi yang bagus untuk rumah, apalagi jika menggunakan generator. Periksa secara rutin untuk memastikan alat tersebut bekerja dan memiliki baterai yang baru.
 
Jangan operasikan genset dalam kondisi hujan atau basah
Genset memproduksi listrik. Listrik dan air dapat menjadi kombinasi yang mematikan. Oleh karena itu tempatkan genset pada permukaan yang kering. Jaga genset berada di bawah kanopi atau area yang terlindungi dari kelembapan, tetapi area tersebut harus terbuka di seluruh sisinya dan memiliki ventilasi atau pertukaran udara yang baik.
 
•    Jangan pernah sentuh genset dengan tangan yang basah

Jangan pasang generator langsung pada outlet di dinding

Ini merupakan proses sangat berbahaya yang dikenal sebagai umpan balik, karena akan mengirim daya listrik kembali ke jaringan listrik. Hal ini dapat membahayakan diri Anda dan tukang listrik yang mencoba memperbaiki listrik saat terjadi mati listrik, serta rumah Anda.
 
•    Jika Anda ingin memiliki cadangan listrik yang terhubung langsung ke rumah, Anda harus memiliki tukang listrik berlisensi untuk memasang saklar transfer listrik dan genset stasionari.
 
Simpan bahan bakar genset dengan layak
Hanya gunakan tempat penyimpan bahan bakar yang sesuai dan simpan bahan bakar sesuai dengan petunjuak dari pabrik. Biasanya tempat penyimpanan ini dingin, kering dan jauh dari rumah, jauh dari bahan mudah terbakar dan jauh dari sumber bahan bakar lainnya.
 
Jangan tergiur dengan harga genset murah tanpa memeriksa spesifikasi dan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.
 
Bila bingung, Anda bisa menelusuri berbagai toko online untuk membandingkan brand dan pemasok yang jual genset di b2b marketplace ralali.com terpercaya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »