Penyebab AC Tidak Dingin, Apa Saja?

Ac Panas

AC sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian besar orang di kota-kota besar. Kondisi udara luar yang sudah tidak sejuk lagi membuat kita membutuhkan AC sebagai penyejuk udara. Tapi terkadang, saat kita menyalakan AC udara yang keluar malah tidak sejuk dan membutuhkan jasa service AC Jakarta Timur. Apa saja penyebab AC menjadi tidak dingin?

Sudah lama tidak diservice
Coba Anda ingat-ingat kembali, kapan terakhir Anda melakukan service pada AC Anda? Pada umumnya service AC dilakukan setiap tiga bulan di perumahan dan dua bulan sekali untuk AC di daerah perkantoran. AC yang kotor karena evaporator indoor dan kondensor outdoor mungkin salah satu penyebab dari tidak dinginnya udara saat AC dinyalakan. Segera lakukan service sebelum keadaan AC Anda semakin parah!

Cuaca
Cuaca di luar tentu sangat memengaruhi suhu di dalam ruangan dan menentukan apakah ruangan tersebut cukup dingin dan membuat ruangan tersebut menjadi nyaman. Meski AC tersebut masih baru, pada siang hari memang udara yang panas di luar ruangan akan membuat ruangan menjadi panas. Oleh karena itu, turunkan temperatur suhu untuk tetap bisa memberikan kesejukan dalam ruangan.

Periksa remote Anda
Pastikan mode yang Anda gunakan adalah cool mode saat menginginkan AC mengeluarkan udara yang sejuk. Salah menggunakan mode, tentunya tidak akan mengeluarkan udara yang dingin. Perlu diingat dan diperhatikan bahwa dry mode digunakan untuk membuat udara menjadi kering dan tidak lembap. Sedangkan heat mode tentunya untuk mengeluarkan udara yang lebih hangat.

Freon
Bocor atau habisnya freon bisa menjadi salah satu penyebab tidak dinginnya AC Anda. Umumnya, freon akan habis setelah tiga sampai empat tahun penggunaan. Anda tidak perlu selalu mengganti freon saat melakukan service pada AC Anda. Oleh karena itu, perhatikan juga kapan Anda melakukan isi ulang freon terakhir kali.

Salah membeli AC
Sebelum membeli AC, Anda perlu mengetahui seberapa besar ruangan di mana AC tersebut akan ditempatkan dan berapa PK AC tersebut. Jika Anda membeli AC dengan PK rendah, maka tidak cocok untuk ditempatkan di ruangan yang luas. Untuk ruangan sekitar 3 x 4 meter, ruangan tersebut cocok untuk dipasangkan AC ¾ PK. Sedangkan untuk ruangan yang lebih luas seperti ruangan berukuran 4 x 5 meter, lebih cocok untuk dipasangkan dengan AC 1,5 PK. Begitu pula sebaliknya, untuk ruangan yang kecil, jika ditempatkan AC dengan PK yang besar maka akan membuat ruangan menjadi sangat dingin dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Gunakanlah AC dengan PK yang tepat agar tagihan listrik juga tidak menjadi berlebihan.

Isi ruangan
Ruangan dengan jumlah orang yang banyak tentu membutuhkan tenaga AC yang lebih besar. Beberapa barang elektronik seperti televisi, komputer, charger handphone bahkan manusia mengeluarkan panas. Jika semakin banyak manusia atau semakin banyak barang elektronik yang menyala dan mengeluarkan panas, tentu  menyebabkan udara ruangan tidak terlalu sejuk lagi.

AC Outdoor
Unit AC yang terletak di bagian luar atau outdoor ini, harus diletakkan dengan baik. Sediakan tempat yang cukup lega agar mesin tersebut dapat bekerja dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Pastikan AC Outdoor atau mesin yang berada di luar memiliki jarak kosong sebesar 60cm ke bagian depan, kiri, kanan dan atasnya untuk menjaga baik kinerja mesin tersebut. Karena jika tidak ada tempat yang cukup untuk terjadi sirkulasi udara, maka mesin tersebut akan cepat rusak. Jangan juga meletakkan AC Outdoor saling berhadapan, karena udara panas yang keluar akan terperangkap dan membuat mesin menjadi cepat panas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »