Perusahaan Sukanto Tanoto Menggalakkan Penanaman Pohon

Royal Golden Eagle dulunya bernama Raja Sumber Daya yang mana didirikan pada tahun 1973, merupakan grup perusahaan kelas dunia yang fokus pada industry pengelolaan Sumber Daya Alam. Perusahaan-perusahaannya mengubah Sumber Daya Alam dasar menjadi produk setengah jadi yang dapat meningkatkan hidup jutaan orang di dunia. Hingga saat ini, RGE merupakan perusahaan yang berkembang menjadi korporasi skala global dan merupakan perusahaan yang terjun dalam bidang bisnis pemanfaatan sumber daya alam berupa industri kelapa sawit, pulp dan kertas, selulosa spesial, dan pengembangan energi. 

April Sukanto Tanoto

Perusahaan-perusahaannya tersebut sudah dikenal oleh dunia, salah satu anak perusahaan milik Sukanto Tanoto adalah APRIL grup. APRIL grup merupakan sebuah perusahaan sukses dan dipimpin oleh pengusaha yang terkenal dan tokoh inspirator. APRIL grup merupakan sebuah produsen pulp (bubur kertas) dan paper (kertas) yang terkenal di seluruh dunia. Mereka terkenal dengan sebuah perusahaan yang berkembang menjadi kelompok usaha global yang mempekerjakan lebih dari 60.000 karyawan, dengan total aset lebih dari US$ 18 miliar dan juga jangkauan penjualannya di seluruh dunia. Selain itu juga, Perusahaan yang berlokasi tepat di Pangkalan Kerinci Riau ini, tercatat sanggup memproduksi pulp sebanyak 2,8 juta ton pertahun dan juga menghasilkan kertas sebanyak 1,15 juta ton setiap tahunnya. Produknya telah diekspor ke 75 negara, yaitu: didistribusikan untuk pasar di kawasan Asia Pasifik, dipasarkan di beberapa kota Uni Eropa hingga daerah Amerika Utara dan Amerika Selatan.

Pada bulan Februari lalu, 200 karyawan dari anak perusahaan APRIL grup bernama PT Riau Andalan Pulp and Paper atau biasa disingkat PT RAPP mengikuti sebuah program kesukarelawanan karyawan atau Employee Volunteering Program (EVP). Kegiatan tersebut merupakan program dari Community Development (CD) dengan tema Menanam Pohon untuk Kesejahteraan Masyarakat” yang dilakukan oleh masyarakat serta karyawan. Kegiatan tersebut memberikan manfaat untuk masyarakat baik langsung ataupun tidak langsung. Contohnya, program ini bermanfaat untuk lahan tidur yang ada di pekarangan masyarakat, akan ditanam dengan akasia yang diharapkan dalam 3 tahun ke depan akan ada tambahan pendapatan bagi masyarakat.

Dalam hal ini, mereka melakukan penanaman pertama kali di desa Pangkalan Delik dengan target sebanyak 2000 pohon jenis akasia di lahan tidur milik masyarakat. Selain itu juga, mereka membantu bibit dan pupuk dalam 6 bulan ke depan termasuk pembinaan untuk perawatan. Melalui EVP juga diharapkan mampu meningkatkan hubungan kekeluargaan antara karyawan dengan masyarakat sekitar wilayah operasional perusahaan. Dengan adanya program menanam pohon tersebut untuk kesejahteraan masyarakat bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat tempatan, dulunya juga lahan mereka belum produktif dan pada akhirnya dapat memberi tambahan penghasilan.
Itulah perusahaan Sukanto Tanoto yang menggalakkan pohon.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »