Beberapa Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Dan Anak

cara mengatasi hidung tersumbat

Pada saat memasuki musim penghujan maka hampir semua orang akan mengalami pilek dan flu. Terkadang pada saat pilek dan flu ini dialami dapat menyebabkan ikut tersumbatnya hidung. Pastinya kamu pernah mengalami hidung tersumbat ini, akan terganggunya pernapasan pada sada saat mengalami hidung tersumbat. Bernapas pun akan menjadi susah dan kamu akan merasa tidak tenang. Terlebih lagi jika tersumbatnya hidung ini terjad pada saat kamu akan tidur. Mengalami hidung tersumbat juga dapat menyebabkan terganggunya aktivitas. 
 
Siapa saja bisa mengalami hidung tersumbat ini tanpa terkecuali bayi. Jika yang mengalami hidung tersumbat ini orang dewasa, tentunya mereka bisa mengatasinya sendiri. Tetapi bagaimana jika bayi atau anak anak lah yang mengalami masalah hidung tersumbat tersebut. Bayi dan anak sering mengalami pilek dan flu dikarenakan sistem kekebalan tubuhnya sedang berkembang untu bisa melawan virus virus penyebab infeksi. Tetapi masih adanya faktor lain yang menyebabkan si kecil mengalami pilek dan flu. Pastinya kamu sebagai orang tuanya ataupun keluarga yang lainnya akan kelimpungan, pasalnya anak anak terlebih bayi belum bisa mengutarakan sesuatunya dengan baik. 
 
Sebenarnya kamu tidak perlu bingung bingung karena adanya banyak cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi, dan pastinya ini merupakan cara yang mudah sehingga ibu bisa melakukannya sendiri di rumah. Berikut beberapa cara mudah mengatasi hidung tersumbat pada bayi dan anak diantaranya yaitu : 
 
•    Meletakkan Bantal Dibawah Kepala Bayi
Cobalah kamu letakkan bantal dibawah kepala bayi, sehingga nantinya kepala bayi posisinya itu akan sedikit lebih tinggi daripada kakinya. Dengan melakukan hal ini maka nantinya cairan yang ada didalam hidung akan lebih mudah mengalir keluar dari hidung. Tetapi tindakan ini tidak boleh dilakukan pada saat bayi berada didalam boks bayi. Fungsi dari boks bayi ini hanya untuk tidur, sehingga kamu selaku orang tua tidak boleh meletakkan benda apapun didalam boks bayi. Pasalnya akan menjadi lebih sempitnya ruang gerak bayi didalam boks, dikhawatirkan jika pada saat tidur bayi banyak bergerak, adanya bantal atau benda lain didalam boks bayi dapat membahayakan si kecil. 
 
Misalnya saja adanya sebuah kasus dimana bayi tidur bersama mainnya, kemudian karena bayinya terus bergerak, tanpa sengaja mainan tersebut menindih perut si kecil sehingga bayi tidak bisa bernapas dan pada akhirnya meninggal dunia. 
 
•    Mendorong Anak Supaya Banyak Minum
Cobalah dorong bayimu supaya banyak minum air susu ibu atau ASI. Tetapi untuk anak yang sudah berhenti minum Asi, maka dorong si kecil untuk minum air putih yang banyak. Cairan ini nantinya akan membantu untuk mengencerkan lendir didalam hidung sehingga akan jauh lebih mudah untuk dikeluarkan. Tetapi pastikan kamu tidak terlalu memaksakan si kecil untuk minum air yang banyak sekaligus. Berikan si kecil minum sedikit demi sedikit dengan frekuensi yang lebih sering. 
 
•    Ajarkan Buang Ingus Sendiri Pada Anak Yang Sudah Besar
Jika anakmu sudah cukup besar, maka ajarkan si kecil untuk membuang ingusnya sendiri. Cobalah letakkan tisu didepan hidung, lalu melalui hidung ini hembuskan udara dengan sangat kuat. Lalu mintalah si kecil untuk menirukannya.
 
Itulah 3 cara mudah mengatasi hidung tersumbat pada bayi dan anak. Selain itu masih adanya cara mudah lainnya dan pastinya akan menjadi cara yang aman dan efektif yaitu dengan menggunakan tetes hidung yang berisi larutan saline.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »