Cegah Ibu Hamil yang Mengalami Hypertensi

hypertensi dalam kehamilan

Tak disangka ternyata ibu hamil juga mengalami masalah kesehatan. Salah satu masalah kesehatan yang kerapkali dialami oleh ibu hamil adalah hipertensi. Penyakit hypertensi selalu saja dianggap remeh bagi banyak orang, namun jangan pernah menyepelekan hypertensi dalam kehamilan karena dapat berdampak buruk, baik bagi ibu maupun anak. 
 
Melihat berbagai dampak buruk yang akan timbul dari hypertensi saat hamil, suami sangat berperan dalam hal ini. Berbagai cara dilakukan untuk mengobati hypertensi dalam kehamilan istri tercinta. Pengaturan gaya hidup dan pola makan menjadi salah satu langkah yang dilakukan suami guna mencegah hypertensi yang diderita istri, serta pengonsumsian makanan dengan gizi baik juga sangat diperlukan ibu hamil. 
 
Berbagai Dampak Dari Hypertensi Yang Dialami Ibu Hamil 
 
Hypertensi dalam kehamilan dapat membawa berbagai dampak. Perkembangan janin pada ibu hamil akan terganggu karena penyakit tekanan darah, terlebih jika tekanan darah ibu hamil sangatlah tinggi. Bahkan tak jarang banyak janin yang mendadak meninggal, namun jika kehamilan tersebut tetap berjalan akan menyebabkan pertumbuhan janin terhambat dan melalui hal tersebut akan mengganggu perkembangan kognitif pada anak. 
 
Memasuki usia kehamilan yang semakin hari semakin mendekati tanda – tanda melahirkan membuat ibu hamil menjadi bingung dan bertanya – tanya apakah ia masih dapat melahirkan normal dengan penyakit hypertensinya. Jawaban dari pertanyaan ibu hamil tersebut adalah tetap dapat melahirkan normal saat memiliki tekanan darah tinggi. 
 
Tentunya terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk melahirkan secara normal. Ketika tanda – tanda melahirkan sudah mulai tampak, ibu harus mempersiapkan diri untuk mengejan seefektif mungkin agar bayinya cepat keluar dari dalam kandungan. Namun jika dalam proses mengejan berjalan dengan lama terpaksa harus dilakukan operasi caesar untuk segera menyelamatkan bayi di dalam kandungan. 
 
Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi Pada Ibu Hamil 
 
Para ibu hamil yang mengalami hypertensi dapat mengonsumsi obat atau dengan melakukan beberapa hal sebelum hamil berikut ini : 
 
1.    Aktif berolahraga atau bergerak guna mengendalikan berat badan
2.    Menjaga berat badan
3.    Makan makanan yang sehat dan bergizi seimbang
4.    Menyesuaikan kenaikan berat badan ketika hamil dan sebelum hamil
Pencegahan tersebut dapat dilakukan sebelum ibu hamil. Selain itu ibu dapat melihat banyaknya informasi tentang anak dan ibu melalui website nutriclub kami.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »