Yuk Cari Tahu 3 Macam PCR Test Yang Digunakan Di Indonesia

Halodoc PCR Test

Cara untuk bisa memastikan apakah anda terinfeksi Virus Corona adalah dengan melakukan uji swab test. Setiap negara di seluruh dunia memiliki metode dan cara yang berbeda untuk melakukan tes tersebut. Sebelum anda melakukan tes swab, ada baiknya anda mengetahui apa saja metode yang digunakan dalam tes tersebut. Yuk simak macam macam PCR Test yang digunakan di Indonesia untuk mendeteksi virus Corona. 

Melakukan Prosedur TCM
Metode pertama yang dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang terkena dampak virus atau tidak adalah dengan melakukan prosedur TCM. Prosedur ini memiliki singkatan Test Cepat Molekuler yang biasanya digunakan untuk mendiagnosis penyakit tuberkiolusis berdasarkan pemeriksaan molekuler. Metode pemeriksaan Covid 19 biasanya akan melakukan pengujian dengan mengeluarkan dahak dengan amplifikasi asam nukleat berbabis catridge. 

Virus yang sedang dilawan oleh negara di seluruh dunia ini akan diidentifikasi pada RNA-nya dengan menggunakan bantuan cartdige khusus. Tes yang akan dihasilkan menggunakan cara ini terbilang cukup cepat. Anda bisa mengetahui reaksi dalam tubuh setelah menunggu kurang lebih selama dua jam lamanya. Anda bisa melakukan pemeriksaan TCM ini di rumah sakit dan beberapa puskesmas yang ditunjuk. 

Metode Test PCR Atau Tes Swab Untuk Deteksi Corona
Metode PCR test memang menjadi salah satu cara yang kerap kali digunakan untuk mendeteksi seseorang terjangkit virus corona atau tidak. Jenis pemeriksaan dengan menggunakan tes ini akan menggunakan sampel lendir dari hidung atau tenggorokan. Dua lokasi ini dipilih karena menjadi tempat virus menggandakan dirinya. Namun beberapa sampel seperti sampel cairan dan saluran pernapasan bawah atau tinja akan menjadi pilihan untuk melakukan tes tersebut. 

Virus yang aktif ini memiliki material genetic yang bisa berupa DNA maupun RNA. Pada virus corona sendiri material genetic yang ada di dalamnya adalah RNA. Material ini yang diamplifikasi dengan RT-PCR sehingga bisa di deteksi dengan lebih mudah. Berbeda dengan TC< yang cepat, anda akan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk bisa mengetahui hasil tesnya. 

Bagi anda yang ingin melakukan test CPR anda bisa langsung mengunjungi rumah sakit yang sudah menyediakan layanan tersebut. Namun anda juga bisa mendaftarkan diri anda untuk melakukan tes CPR melalui fitur Halodoc. Dalam fitur ini anda hanya perlu mengisi secara lengkap biodata yang disediakan dan juga menggunggah beberapa foto yang dibutuhkan. Selain itu anda juga harus segera melakukan pembayaran agar lebih memudahkan untuk menjalani tes PCR. 

Prosedur Rapid Test yang Dilakukan oleh Pemerintah
Metode lain yang juga digunakan adalah metode rapid test yang sedang digadang gadang oleh pemerintah. Pemeriksaan rapid test akan menggunakan sampel darah untuk diuji. Darah yang digunakan untuk mendeteksti immunoglobulin yang merupakan antibody yang terbentuk did alam tubuh. Rapid tes biasanya dilakukan di mana saja dan untuk melakukannya juga cukup singkat. 

Anda hanya harus menunggu selama kurang lebih 15 hingga 20 menit saja untuk mengetahui hasilnya. Namun tes ini memiliki kelemahan karena bisa saja menunjukkan false negative atau kondisi tes yang tampak negatif padahal hasilnya positif. Upaya pemerintah untuk menekan angka tingginya pasien Corona di Indonesia sudah dilakukan dengan beragam cara salah satunya bekerja sama dengan fitur fitur Halodoc.

Untuk bisa melakukan tes tubuh untuk mengetahui apakah tubuh terinfeksi corona anda bisa langsung datang ke rumah sakit terdekat. Namun untuk menghindari kerumunan yang ada, anda bisa mendaftarkan diri melalui aplikasi Halodoc karena juga menyediakan fitur untuk mendaftarkan pemeriksaan. Dengan begitu anda akan memiliki jadwal dan hanya harus membayar biaya yang dibutuhkan.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »