Waktunya Vaksin Covid 19, Cek Apa Saja Syaratnya Disini!

Syarat Vaksin Covid 19

 


Covid 19 merupakan pandemi yang dialami sejak awal tahun 2020 lalu, tidak terasa masyarakat telah hidup dalam lingkar corona dalam waktu lebih dari satu tahun. Tentunya para ilmuan dan ahli kesehatan sudah menyiapkan usaha untuk menangani masalah pandemic ini, salah satunya adalah vaksin. Namun ada beberapa syarat vaksin covid 19 ini, apa saja? Simak ulasannya berikut ini.


Tidak Sembarangan Vaksin, Inilah Syarat Menerimanya.

 
1.Tekanan darah harus kurang dari 140/90 mmHg
Sebenarnya pengidap darah tinggi boleh mendapatkan vaksin corona namun dengan syarat bahwa kondisi kesehatannya harus stabil pada tiga bulan terakhir dengan tensi setidaknya pada angka 140/90 mmHg. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi resiko tekanan jantung setelah mendapatkan vaksin.
Untuk itu jika Anda menginginkan memperoleh vaksin, pastikan kesehatan tubuh benar benar terjaga dan tidak sedang dalam keadaan stress maupun terserang penyakit. Karena vaksin tidak bisa bekerja saat Anda merasakan stress apalagi hingga darah naik, hal tersebut tentu juga bisa membahayakan diri Anda. Sehingga edukasi mengenai syarat vaksin covid 19 perlu diketahui.


Kesehatan jantung juga perlu diperhatikan saat Anda akan meminta vaksin, karena terdapat kemungkinan bahwa jantung tidak kuat dengan reaksi vaksin yang diberikan. Untuk itu janganlah gegabah untuk langsung meminta vaksin tanpa persetujuan dokter dan tetap menjaga kesehatan tubuh


2. Tidak Sedang Demam Pada Suhu 37°C
Saat seseorang terserang penyakit salah satunya adalah demam, kemungkinan besar bahwa tubuh orang tersebut sedang terserang virus dan kekebalan tubuhnya menurun. Hal ini sangat bertolak belakang dengan teori bahwa vaksin akan bekerja dengan baik saat tubuh dalam kondisi sehat. Oleh karena itu orang dengan demam tinggi tidak dapat menerima vaksin.


Dalam keadaan tubuh sehat vaksin akan bekerja dengan baik dan menyerang penyakit jika imun dalam tubuh juga baik. Imun yang baik sendiri terdapat pada tubuh yang sehat, sehingga syarat vaksin covid 19 adalah tubuh yang sehat. Pemberian vaksin pada seseorang yang terserang penyakit justru akan membuat imun bingung dan vaksin tidak dapat membunuh sasarannya.


3. Ibu Hamil Dan Menyusui
Riset mengenai kemanan vaksin covid terhadap ibu hamil dan menyusui masih sangat terbatas. Oleh karena itu ibu hamil dan menyusui belum diprioritaskan untuk mendapatkan vaksin covid karena belum adanya data yang cukup mengenai manfaat dan efek samping bagi ibu hamil dan menyusui, namun berbagai ahli kesehatan telah meminta produsen untuk mengujinya.


4. Hanya Pada Usia 18-59
Karena tingkat keamanan serta efektivitas kerja vaksin tersebut belum diketahui jika diberikan kepada anak-anak karena penelitian mengenai vaksin ini masih terus dilakukan. Adanya syarat vaksin covid 19 ini  menuntut para orang tua agar lebih memperhatikan dan menjaga kesehatan anak.


Seringkali para orang tua khawatir bagaimana untuk keamanan anak-anak dan lansia karena tidak mendapatkan vaksin. Untuk Anda yang merasakan kekhawatiran tersebut tentu bisa menjaganya dengan selalu mengawasi kesehatan mereka dan bicaralah pada dokter jika terjadi suatu penyakit ciri covid. Dengan begitu Anda tidak perlu cemas.


5. Tidak Pernah Terserang Covid
Seseorang yang pernah terserang covid tidak perlu untuk mendapatkan vaksin karena tubuh yang pernah terinfeksi virus ini telah membentuk antibodi alami. Sehingga untuk Anda yang sebelumnya telah terserang covid tidak perlu lagi untuk meminta vaksin. Untuk melihat syarat lainnya Anda dapat mengakses pada info www.sehatq.com.


Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bisa menjadi jawaban dari berbagai pertanyaan Anda mengapa untuk mendapatkan vaksin perlu syarat tertentu. Tentunya hal tersebut dilakukan demi kebaikan bersama agar wabah ini segera berlalu dan kehidupan dapat berjalan dengan normal kembali serta aktivitas menjadi tidak terhambat.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »